Cari Tahu Lebih Dalam Tentang Apa Itu Ransomware

Cari Tahu Lebih Dalam Tentang Apa Itu Ransomware


Banyak orang di Indonesia yang mulai mencari - cari tentang, apa itu ransomware, bagaimana cara mengatasi ransomware, penyebab terjadinya ransomware, dan sebagainya.

Mungkin kalian takut kalau ransomware itu menyerang komputer pribadi kamu, dan mengunci semua data yang kamu miliki, tetapi saya ingin katakan jangan terlalu memikirkan tentang malware ini, kenapa ? baca penjelasannya dibawah ini.

Apa Pengertian Malware Ransomware


Menurut wikipedia ransomware memiliki arti seperti ini.
Ransomware adalah perangkat lunak berbahaya dari cryptovirology yang mengancam untuk mempublikasikan data korban atau memblokir akses korban dalam membuka datanya sampai tebusan dibayar. selebihnya klik disini

Menurut saya, Ransomware adalah salah satu jenis malware yang dibuat untuk mengunci semua data yang ada pada komputer kamu dan meminta tebusan setelah data kamu terkunci.

Sementara Malware adalah sebuah aplikasi yang digunakan para cracker atau hacker untuk mencari kelemahan sebuah komputer, server, dan perangkat mobile. Jenis malware sendiri ada banyak salah satunya adalah Ransomware ini.

Bagaimana Cara Kerja Ransomware


Biasanya mereka akan mengirim aplikasi secara acak bisa melalui situs ataupun langsung menuju email seseorang, berharap ada orang yang mendownload aplikasi mereka tersebut yang kita sebut sebagai malware.

Setelah malware atau aplikasi itu terdownload dia akan mencari celah untuk memasukkan ransomware kedalam komputer atau perangkat kamu, dan setelah berhasil memasukkan ransomware tersebut.

Ransomware akan mengenskripsi atau mengunci semua data yang kamu miliki, dan mereka akan meminta tebusan kepada kamu dan jumlahnya berbeda - beda, agar kamu dapat mengakses datamu kembali.

Bisa gak kita cari tahu passwordnya ?

Data yang terenskripsi itu berarti data tersebut telah dikunci dengan sebuah kode yang sangat unik dan kode tersebut harus diterjemahkan terlebih dahulu agar kita dapat mengetahui agar kita mengetahui apa makna dari kode tersebut.

Tetapi itu adalah hal yang sangat sulit dilakukan, itulah kekuatan dari data yang terenskripsi, yang mengetahui kunci dari enskripsi tersebut hanyalah orang yang membuat enskripsi tersebut.

Terkadang agar kamu mau menebus dengan total yang telah ditentukan, mereka akan berpura - pura sebagai pihak keamanan dan mereka akan memainkan psikologis kamu sehingga kamu membayar tebusan tersebut.

Apa Penyebab Ransomware Bisa Masuk


Salah satunya adalah karena ketidaktahuan seseorang, kenapa begitu ?

Karena Ransomware dan malware sejenisnya bisa masuk kedalam komputer kamu, jika kamu mengunduh ataupun mengklik sesuatu yang kamu sendiri tidak tahu apa itu.

Jadi bisa saya katakan Ransomware tidak akan bisa memasuki komputer kamu atau komputer siapapun jika mereka tidak melakukan hal - hal yang sembarangan, atau mengunduh sesuatu yang mereka bahkan tidak tahu.

Saran saya mulai sekarang lebih bijak dalam berinternet karena Internet memiliki banyak sisi positif tetapi juga menyimpan banyak sisi negatif, dan jika kamu tidak berhati - hati dalam berinternet, mungkin kamu bisa menjadi korban ransomware.

Apakah ransomware hanya datang dari Internet ?

Tidak juga !, ransomware juga bisa masuk kekomputer kamu melalui flsahdisk, perangkat penyimpan data, atau apapun yang kamu colokkan kekomputer kamu.

Maka dari itu jika kamu menemukan sebuah flasdisk atau semacamnya dijalan, jangan langsung mencolokkannya kekomputer kamu, karena bisa jadi itu berisi sebuah malware yang dapat memasuki komputer kamu.

Bagaimana Cara Mengatasi dan Mencegah Ransomware


Sejauh ini cara untuk mencegah terjadinya serangan ransomware ataupun malware jenis lain adalah dengan lebih berhati - hati dalam menggunakan komputer, jangan tergoda untuk mendownload apapun atau mengklik apapun.

Selalu Cadangkan data yang ada dikomputer kamu, jadi ketika komputer kamu terjadi sesuatu atau terkena serangan ransomware kamu tidak perlu khawatir karena kamu memiliki data cadangan.

Ada banyak aplikasi yang membuat kamu bisa mencadangkan data - data penting kamu, ataupun kamu bisa menggunakan sebuah flashdisk tetapi pasti akan membutuhkan flashdisk berkapasitas besar dan pastinya harganya mahal, tetapi itu semua tergantung pada kamu.

Kan ada aplikasi anti ransomware ?

Pasti kamu berfikiran seperti ini juga, tetapi bisa saya katakan walaupun komputer kamu dipasangi sejuta aplikasi pengaman dan aplikasi anti ransomware atau komputer kamu memiliki sistem pengamanan yang terbaru.

Pasti selalu ada Celah, karena saya rasa sampai artikel ini dipublikasikan, belum ada sistem operasi yang sama sekali tidak memiliki celah, jadi Kamu sendirilah cara terbaik untuk mencegah komputer kamu terkena ransomware.

Sekian dari saya mengenai ransomware, jika ada kesalahan dalam artikel ini bisa kamu sebutkan dikolom komentar.

0 Response to "Cari Tahu Lebih Dalam Tentang Apa Itu Ransomware"

Posting Komentar

Jika ingin berkomentar, silahkan untuk berkomentar dengan menggunakan bahasa yang SOPAN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel