Pengertian Fungsi Kelebihan dan Kekurangan WAN

Pengertian Fungsi Kelebihan dan Kekurangan WAN


Wide Area Network atau yang biasa disingkat WAN adalah jaringan komputer yang memiliki cakupan yang sangat luas dibandingkan LAN dan MAN.

Pengertian WAN menurut wikipedia adalah seperti ini.

Jaringan area luas (bahasa Inggris: Wide Area Network; WAN ) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.


WAN menurut saya adalah sebuah jaringan komputer yang memiliki Cakupan Area yang lebih luas dari LAN dan MAN, dan terkadang digunakan untuk penghubung antar Negara ataupun Benua.

Seperti yang saya tuliskan diatas bahwa terkadang WAN digunakan untuk penghubung antar Negara dan Benua.

Contohnya seperti sebuah Perusahaan yang memiliki cabang di negara yang berbeda dari Perusahaan Pusatnya, agar Perusahaan Utama bisa berhubungan secara langsung dengan Perusahaan Cabang yang berbeda Negara mereka bisa menggunakan WAN.

WAN adalah sebuah kumpulan dari LAN, hampir sama seperti contoh diatas, jadi jaringan LAN yang digunakan Perusahaan Pusat akan dihubungkan dengan Jaringan LAN yang digunakan oleh perusahaan Cabang.


WAN juga memiliki fungsi yang hampir - hampir mirip dengan LAN, seperti menggunakan 1 printer, jadi maksudnya dengan WAN kita bisa memprint data disebuah printer yang jaraknya jauh asalkan printer tersebut terhubung dengan WAN.

Fungsi dan Kelebihan WAN


Sebenarnya fungsi dari WAN, LAN, MAN, bisa saya katakan hampir - hampir mirip, tetapi juga memiliki perbedaan termasuk Cakupan Area yang bisa dicakup.

Komunikasi dan Hubungan Lebih Rahasia


WAN dapat membuat sebuah komunikasi jadi lebih rahasia, karena seperti yang saya katakan bahwa WAN menghubungkan antara satu LAN dengan LAN lainnya, jadi komunikasi hanya bisa dilakukan dengan LAN yang terhubung pada WAN yang sama.

Contoh sederhananya seperti sebuah jembatan yang dijaga dan jembatan tersebut hanya boleh digunakan oleh penduduk dari desa A, dan tidak diperbolehkan digunakan oleh desa B,C,D, atau desa lainnya.

Maka yang bukan penduduk Desa A otomatis tidak akan dapat menggunakan Jembatan tersebut. Seperti itulah contohnya, Jembatan itu adalah WAN, Desa A adalah LAN yang terhubung dengan WAN tersebut.

Keamanan Lebih Terjamin


WAN juga memiliki keamanan bahkan lebih baik daripada LAN dan MAN jadi tidak sembarang orang yang dapat terhubung dengan WAN ini, dan biasanya perusahaan yang menggunakan WAN akan memiliki orang yang bertugas sebagai keamanan.


Maka jika ada orang lain yang mencoba masuk kejaringan WAN ini petugas keamanan perusahaan tersebut akan langsung mendapatkan peringatan bahwa ada yang mencoba menerobos jaringan mereka.

Pengeluaran Lebih Sedikit


Sebenarnya ini adalah kelebihan yang dimiliki oleh semua jaringan komputer termasuk juga LAN, dan MAN, jadi jangan heran jika kamu kerap menemukan point ini sebagai kelebihan dalam sebuah jaringan komputer.

Seperti yang saya tuliskan sebelumnya bahwa dengan WAN kamu bisa menggunakan sebuah printer yang letaknya sangat jauh dari posisi dimana kamu berada, dan kamu juga bisa berbagi data dengan rekan yang berbeda negara dengan kamu.

Hemat Waktu


WAN bisa membuat kamu menghemat waktumu, misalnya kamu mengirim sebuah data ke Perusahaan Pusat yang letaknya berbeda Negara dengan posisi kamu, dan hanya dalam hitungan menit atau jam data tersebut akan langsung diterima ditujuan.

Jika kamu menggunakan cara manual dengan mengantarkan sendiri data tersebut, pasti akan membutuhkan waktu berhari - hari dan juga hal tersebut pastinya akan mengeluarkan uang yang cukup besar.

Mencegah Miskomunikasi


Maksud saya dengan menggunakan WAN, maka komunikasi kamu akan lebih terarah, dan kamu tidak akan pernah mengalami pengiriman dilokasi yang salah.

Misalnya kamu ingin mengirim berkas kepada Pihak Penjualan tetapi berkas yang kamu kirim malah sampai ke Pihak Keamanan, hal itu tidak akan kamu temukan jika menggunakan jaringan komputer temasuk WAN.

Karena sebuah jaringan komputer memiliki yang namanya Komputer Server yang tugasnya adalah menerjemahakan Perintah agar perintah tersebut tidak salah tujuan, misalnya seperti contoh diatas.

Kekurangan WAN


Instalasi Pembuatannya Lebih Mahal


Sebuah WAN membutuhkan komponen yang harganya sangat mahal, misalnya saja kamu ingin menghubungkan perusahaan kamu yang berbeda Negara, maka kamu akan membutuhkan kabel yang sangat panjang.

Biasanya untuk mengatasi hal ini, Perusahaan yang ingin menggunakan WAN akan bekerja sama dengan Perusahaan Penyedia Jaringan, agar biaya operasional bisa lebih ditekan.

Membutuhkan Pihak yang Bertanggung Jawab Sebagai Keamanan


Maksud saya bukan seorang Polisi tetapi seorang yang ahli dalam dunia TI (Teknologi Infomasi), sehingga mereka dapat membuat jaringan WAN lebih aman dari serangan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Karena itulah mengapa setiap perusahaan yang menggunakan jaringan komputer termasuk LAN, MAN, dan WAN, harus memiliki orang yang betugas sebagai keamanan agar jaringan mereka tidak gampang dibobol ataupun dimasuki.

Biaya Perawatan Mahal


Jaringan Komputer seperti WAN juga membutuhkan perawatan agar kinerjanya bisa maksimal. Misalnya Komputer Server yang berfungsi sebagai penerima perintah dan pengirim perintah, jika tidak dirawat bisa - bisa Komputer Server salah menerjemahkan perintah.

Misalnya seseorang ingin memprint sebuah file tetapi karena Komputer Server salah menerjemahkan, file yang seharunya diprint tadi malah difotokopi.

Itulah opini pribadi saya mengenai WAN, jika kamu memiliki beberapa masukan atau tambahan kamu bisa katakan pada saya lewat kolom komentar dibawah atau menghubungi saya melalui Contact Us.

0 Response to "Pengertian Fungsi Kelebihan dan Kekurangan WAN"

Posting Komentar

Jika ingin berkomentar, silahkan untuk berkomentar dengan menggunakan bahasa yang SOPAN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel