14 Tips Aman Berbelanja Online dari Para Ahli

14 Tips Aman Berbelanja Online dari Para Ahli


Semakin tahun perkembangan teknologi juga semakin meningkat untuk memenuhi kebutuhan manusia dan juga untuk mempermudah manusia melakukan aktivitas.

Salah satunya adalah Berbelanja Online, hal ini memang memberikan banyak dampak positif kepada kita manusia, tetapi siapa sangka berbelanja online juga mempunyai dampak negatif.

Banyak sekali orang yang tertipu saat berbelanja online, kalau tadi nominal transaksinya 5 ribu rupiah mungkin masih bisa diikhlaskan, tetapi kalau berjuta - juta bagaimana.

Sekarang saya akan memberikan kepada kamu 14 Tips Aman Berbelanja Online agar tidak tertipu, dan tips ini langsung dari para ahli dibidangnya.

1. Lakukan Sedikit Riset Tentang Situs/Penjual


Ini adalah hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu, karena banyak orang yang tertipu saat berbelanja online karena tidak melakukan riset terhadap situs yang akan dijadikannya tempat berbelanja.

Ada beberapa faktor yang bisa kamu coba untuk mengetahui apakah situs tersebut terpercaya atau tidak yaitu dengan mengetahui :
  • Sejak kapan situs tersebut berdiri, karena semakin lama situs tersebut berdiri maka situs tersebut semakin terpercaya.
  • Apakah Situs itu Terkenal, karena kalau situs tersebut sudah banyak dikenal berarti situs tersebut memang terpercaya.

Dengan menggunakan faktor - faktor tersebut kamu bisa menentukan apakah situs tersebut memang terpercaya atau tidak, tetapi jangan jadikan hal tersebut patokan.

2. Usahakan Untuk Tidak Membeli Barang Melalui Sosial Media


Kenapa saya katakan demikian, karena rata - rata orang yang terkena penipuan saat berbelanja online adalah mereka yang membeli melalui Sosial Media.

Saya tidak mengatakan untuk "tidak" membeli melalui sosial media, karena memang ada beberapa penjual di sosial media yang menjual dengan jujur dan tidak bermaksud untuk menipu.

Tetapi saya hanya menganjurkan kepada kamu untuk berhati - hati membeli melalui sosial media, lebih baik membeli melalui situs jual beli saja, tetapi kamu juga harus baca tips ini sampai bawah.

3. Ketahui Kebijakan dan Peraturan Situs/Penjual


Dengan mengetahui kebijakan dan peraturan sebuah situs berbelanja online, maka kamu bisa berbelanja dengan tenang.

Misalnya kamu membeli sebuah barang dan ternyata barang tersebut rusak dan ketika kamu ingin menukarkan barang tersebut tetapi kamu tidak bisa, karena situs tersebut tidak menerima penukaran barang dengan alasan apapun


Maka mau tidak mau kamu tidak bisa mengembalikan barang tersebut, andaikan kamu sudah lebih dahulu membaca kebijakan situs tersebut maka kamu tidak akan membeli dari situs tersebut karena situs tersebut tidak menukarkan barang dengan alasan apapun.

4. Cek Data Penjual


14 Tips Aman Berbelanja Online dari Para Ahli
Nama Para Penipu sumber: penipu.co.id

Hal ini harus kamu lakukan agar kamu mengetahui apakah penjual tersebut terindikasi pernah menipu sebelumnya atau tidak.

Caranya kamu tinggal masukkan nama, nomor rekening, nomor hp, atau email. Kamu tinggal masukkan salah satunya kesitus yang ada dibawah ini.

Jika nama, nomor rekening, nomor hp, atau email, penjual tersebut muncul disitus dibawah ini, maka kamu harus membatalkan transaksi kamu.

5. Lakukan Riset Tentang Barang yang Akan Dibeli


Saat berbelanja online terlebih saat berbelanja baju, sepatu, dan semacamnya, kamu tidak bisa melihat langsung barang tersebut dan hanya bisa mengimajinasikan bagaimana bentuknya.

Untuk itu kamu harus melakukan beberapa riset seperti, ukuran, harga asli, bahan, dan video review. Karena dengan 4 hal tersebut kamu bisa semakin tahu bentuk barang tersebut sebenarnya seperti apa.

Jangan sampai kamu asal beli karena fotonya bagus, tetapi ketika barang sudah sampai kamu malah kecewa karena barang tidak sesuai dengan fotonya.

6. Jangan Langsung Percaya Barang Palsu


14 Tips Aman Berbelanja Online dari Para Ahli
Toko resmi samsung dan oppo

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum membeli barang yang kamu inginkan yaitu, harga pasaran, bentuk asli, garansi, merk asli, dan perusahaan yang memproduksi barang tersebut.

Karena terkadang penipu akan menjual barang palsu dengan harga yang lebih murah, dan tidak memiliki garansi, untuk itulah saya meminta kamu untuk melakukan beberapa riset tentang barang yang akan dibeli.

Saran saya, ketika berbelanja online lebih baik membeli dari perusahaan aslinya karena terkadang mereka mempunya situs agar kamu bisa membeli barang mereka secara online dan barang tersebut pun dapat dijamin, seperti foto diatas.

7. Tanyakan Pada Pembeli Sebelumnya


Hal ini bisa kamu lakukan jika barang yang kamu inginkan banyak pembelinya, kamu bisa menanyakan kepada pembeli sebelumnya bagaimana barang tersebut.

Nah, dari pendapat pembeli sebelumnya maka kamu bisa semakin tahu bagaimana barang tersebut, terlebih jika kamu membeli obat penumbuh kumis atau semacamnya, maka pendapat pembeli sebelumnya akan sangat berguna.

8. Jangan Hanya Cek Pada 1 Penjual


Jika memang barang yang ingin kamu beli tidak memiliki toko resminya, maka kamu harus mengecek dibeberapa penjual yang menjual barang yang sama.

Karena jika kamu mengecek barang tersebut dibeberapa penjual, kamu bisa menyimpulkan toko mana yang paling terpercaya dan menjual harga yang lebih murah.

9. Ketahui Opsi Pembayaran yang Dimiliki Situs/Penjual


Tidak semua orang memiliki kartu kredit, jadi tidak semua orang bisa melakukan pembayaran melakukan transfer antar bank, maka dari itu kamu harus tahu apakah situs tersebut punya opsi pembayaran lain.

Misalnya kamu bisa membayar lewat Indomaret, Alfamaret, ataupun Membayar ditempat. Jangan sampai kamu gagal membeli barang yang kamu inginkan hanya karena masalah pada cara pembayaran.

10. Tetap Jaga Data - Data Kamu


Ada beberapa informasi yang kamu bisa berikan kepada penjual tetapi ada juga beberapa informasi yang kamu tidak boleh beritahu kepada penjual ataupun pemilik situs jual beli yang kamu gunakan.

Informasi yang boleh kamu berikan contohnya foto bukti transaksi, alamat rumah kamu, nomor telepon kamu, dan email kamu, karena memang penjual membutuhkan informasi ini.

Tetapi informasi yang tidak boleh kamu berikan contohnya password akun kamu, password kartu kredit kamu, dan beberapa hal lainnya, karena ini adalah informasi yang fatal akibatnya jika sampai jatuh ketangan orang yang salah.

11. Pastikan Total Harga Keseluruhan Belanja


Saat kamu membeli barang online, kamu juga memiliki beberapa biaya tambahan contohnya saja adalah Ongkos Kirim atau Ongkir.

Ongkos Kirim akan berbeda - beda harganya pada tiap - tiap perusahaan jasa pengiriman barang, maka dari itu kamu harus tahu harga keseluruhan Belanja kamu, jangan sampai uang kamu kurang.

12. Jangan Asal Pilih Jasa Pengiriman Barang


Banyak perusahaan yang memiliki Jasa Pengiriman Barang, tetapi tidak semua yang bisa saya katakan 'Professional'.

Ada banyak faktor yang menyebabkan mereka tidak professional salah satunya, waktu pengiriman telat, barang tidak terjamin keamanannya, dan lainnya.

Jadi bijaklah dalam memilih jasa pengiriman barang, salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yang saya rekomendasikan adalah JNE.

13. Simpan Bukti Pembayaran


Jika kamu memilih opsi pembayaran lewat Transfer Bank, Indomaret, Alfamart, maka kamu akan diberi bukti pembayaran, bukti tersebut harus kamu simpan.

Karena terkadang situs jual beli akan meminta kamu untuk memberikan foto dari bukti pembayaran tersebut agar mereka yakin bahwa kamu sudah membayar barang yang akan kamu beli.

Bukti pembayaran juga berguna jika suatu saat kamu terkena masalah seputar pembayaran, maka kamu hanya perlu menunjukkan bukti pembayaran untuk memberitahu bahwa kamu sudah membayar.

14. Setelah Barang Sampai Cek Barang Tersebut Dengan Teliti


Jika barang yang kamu pesan sudah sampai, cek terlebih dahulu barang tersebut dengan teliti untuk memastikan tidak ada komplain pada barang yang kamu beli tersebut.

Jika ada kerusakan pada barang tersebut kamu dapat menukar barang, tetapi ini harus sesuai dengan kebijakan situs jual beli tersebut, dan jika mereka memiliki kebijakan menukar barang maka kamu tinggal ikuti prosedurnya.

Itulah 14 Tips Aman Berbelanja Online yang saya dapatkan dari para ahli, jika kamu sudah melakukan 14 hal tersebut maka besar kemungkinan kamu tidak akan tertipu lagi.

Jika kamu ingin memberikan beberapa tambahan lagi, atau jika kamu ada masukan untuk artikel atau blog ini kamu bisa tulis dikolom komentar.

0 Response to "14 Tips Aman Berbelanja Online dari Para Ahli"

Posting Komentar

Jika ingin berkomentar, silahkan untuk berkomentar dengan menggunakan bahasa yang SOPAN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel