Cara Mengetahui dan Menghindari Parkir Liar Agar Kendaraan Kamu Aman

Cara Mengetahui dan Menghindari Parkir Liar


Parkir liar merupakan sesuatu yang sudah menjamur di Indonesia, padahal pemerintah sudah berusaha untuk menghentikan terjadinya parkir liar, tapi tetap saja mereka masih ada.

Parkir liar itu bagaikan jamur, yang walaupun sudah dibasmi dengan cara apapun tetap saja jamur tersebut akan tumbuh ditempat lain ataupun tumbuh kembali.

Hal yang paling saya tidak suka dari parkir liar adalah mereka tidak akan bertanggung jawab atas kehilangan barang kamu, bahkan mereka seakan tidak perduli jika kamu kehilangan barang kamu.

Padahal kita sudah memberikan uang parkir kepadanya agar mereka mau menjaga kendaraan dan barang kita yang ada dikendaraan, tetapi mereka hanya mementingkan uangnya saja dan menghiraukan barang kita.

Saya sendiri bertanya - tanya, apa gunanya ada seorang juru parkir jika mereka tidak menjaga kendaraan saya, tetapi mereka tetap meminta uang 'jaga' dari kita ?

Diartikel ini saya akan memberitahukan kepada kamu, bagaimana mengenal parkir liar dan juga bagaimana cara menghindari parkir liar.

Bagaimana Cara Mengenali Parkir Liar


Sebenarnya ada banyak sekali perbedaan antara juru parkir resmi dan juru parkir tidak resmi(liar), dan perbedaan tersebut bisa kita lihat saat melihat juru parkir tersebut.

Tetapi banyak rakyat Indonesia yang masih belum mengetahui apa perbedaan dari juru parkir resmi dan parkir tidak resmi.

Juru parkir resmi memakai baju parkir, bagian ini tidak terlalu bisa jadi patokan karena baju parkir bisa saja dibeli dan didapatkan dengan mudah.

Juru parkir resmi memiliki kartu Identitas, kartu ini biasanya diletakkan dikantong sebelah kiri atas, dan ini bisa jadi patokan kamu untuk mengetahui apakah juru parkir tersebut resmi atau tidak.

Juru parkir resmi memiliki karcis, ini adalah hal yang paling membedakan juru parkir resmi dengan yang tidak resmi. Juru parkir resmi selalu memiliki karcis dan karcis ini bukan sembarang karcis.

Karcis tersebut adalah karcis yang diberikan oleh Dishub, ciri - ciri karcis tersebut memiliki nomor seri yang berbeda - beda tiap kartunya, ada barcode, dan ada lubang perporasi.
Jika salah satu dari ketiga ciri diatas tidak ada dalam karcis yang diberikan juru parkir maka besar kemungkinan itu adalah juru parkir tidak resmi atau dengan kata lain itu adalah parkir liar.

Bagaimana Cara Menghindari Parkir Liar


Kenapa kita harus menghindari parkir liar ?

Saya hanya akan memberikan satu alasan saja kenapa kamu harus menghindari parkir liar, yaitu karena mereka tidak akan menjaga kendaraan kamu.

Juru parkir liar hanya menginginkan uang yang kamu berikan saja, mereka tidak ada niat untuk menjaga kendaraan kamu, walaupun ada beberapa juru parkir liar yang memang benar - benar menjaga kendaraan kamu tetapi itu hanya sedikit.


Tetapi kalau juru parkir resmi, mereka akan benar - benar menjaga kendaraan kamu, karena mereka tidak membutuhkan uang yang kamu beri, soalnya mereka digaji oleh pemerintah.

Tetapi seorang juru parkir liar, mereka tidak mendapat gaji dari pemerintah, mereka mendapat uang ketika kamu membayar mereka, dan ketika parkiran sepi maka uang pendapatan mereka pun kecil.

Salah satu cara mengetahui juru perkir tersebut adalah resmi atau tidak salah satunya adalah dengan bertanya.

Tanyakan pada juru parkir tersebut apakah mereka resmi, kamu tidak perlu malu bertanya karena kamu juga punya hak untuk bertanya kepada mereka.

Jika mereka adalah seorang juru parkir liar maka sebaiknya kamu tidak usah parkir disana.

Cara kedua dengan mencari tempat parkir resmi terdekat, disini kamu bisa saja parkir didalam mall, ataupun tempat parkir resmi lainnya, asalkan tidak parkir ditempat parkir liar.

Tidak masalah parkir sedikit jauh asalkan kendaraan kamu lebih terjamin keamanannya, untuk apa memilih tempat parkir liar jika keamanan kendaraan tidak terjamin sama sekali.

Kemana Uang Parkir Kamu Mengalir


Apakah kamu pernah bertanya seperti ini sebelumnya, atau kamu tidak mau tahu kemana semua uang parkir kamu pergi ?

Kalau juru parkir resmi, uang parkir yang mereka dapatkan akan dimasukkan kedalam kas daerah masing - masing, jadi bukan hanya dari pajak, uang parkir kamu juga masuk kedalam kas daerah.

Tetapi kalau juru parkir liar, uang parkir yang mereka dapatkan tidak akan masuk kedalam kas daerah apalagi kedalam kas negara.

Uang parkir tersebut akan mereka setor kepada "Pemegang" daerah tersebut, pemegang tersebut bisa saja seorang pereman ataupun oknum yang tidak bertanggung jawab.

Lalu setelah uang parkir dibagikan kepada pemegang daerah tersebut, sisanya akan masuk kedalam kantong juru parkir liar tersebut.

Juru parkir liar biasanya menggunakan bahu jalan sebagai lahan parkir, yang mana hal itu adalah tindakan melanggar hukum.

Dan jika kendaraan kamu tertangkap parkir dibahu jalan maka kamu harus siap menerima resiko bahwa kendaraan kamu akan ditilang ataupun ditahan oleh pihak Dinas Perhubungan.

Disini juru parkir liar juga tidak bisa melindungi kendaraan kamu, malahan mereka akan kabur karena jika ketahuan bahwa mereka adalah juru parkir liar mereka bisa saja ditangkap.

Jika kamu membaca dengan teliti artikel ini dari atas sampai bawah, maka kamu bisa menyimpulkan bahwa tidak ada gunanya memarkirkan kendaraan kamu kepada seorang juru parkir liar.

Jika ada masukan atau jika ada kesalahan didalam artikel ini kamu bisa mengatakannya melalui kolom komentar yang ada dibawah.

0 Response to "Cara Mengetahui dan Menghindari Parkir Liar Agar Kendaraan Kamu Aman"

Posting Komentar

Jika ingin berkomentar, silahkan untuk berkomentar dengan menggunakan bahasa yang SOPAN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel