Kenapa dan Apa Penyebab Gaji Programmer Begitu Tinggi ?

Kenapa dan Apa Penyebab Gaji Programmer Begitu Tinggi ?


TI adalah salah satu pekerjaan yang lumayan diminati saat ini, termasuk di Indonesia, maka dari itu mulai banyak orang yang ingin bergelut dibidang TI, terutama calon mahasiswa.

Bahkan kampus - kampus pun membuat Pass In Grade yang tinggi untuk calon mahasiswa yang ingin masuk kejurusan TI, salah satunya ITB dengan Pass In Grade 64,97 dan ini adalah PIG tertinggi di ITB.

Mungkin ini semua terjadi karena perkembangan teknologi yang membutuhkan banyak pekerja dibidang TI, sehingga lowongan pekerja dibidang TI juga terbilang cukup besar untuk saat ini.

Salah satu pendorong TI adalah pekerjaan yang paling diminati adalah karena KATANYA gajinya yang besar.

Apakah hal tersebut benar atau tidak ?

Sebenarnya banyak faktor yang membuat gaji seorang programmer begitu tinggi, dan saya akan membahasnya satu persatu, dan mudah - mudahan kamu bisa lebih mempertimbangkan untuk bekerja di TI.

Mari Bandingkan Pegawai Biasa dengan Programmer


Disini saya akan membandingkan seorang pegawai Administrasi Kasir disalah satu minimarket yang terkenal di Indonesia, dengan seorang programmer professional.

Gaji seorang pegawai Kasir kisaran 2jt - 2,5jt/bulan dan gaji seorang programmer junior 3,4jt/bulan, disini mungkin kamu merasa bahwa lebih enak jadi programmer, dibanding tukang kasir.

Sekarang mari kita buat sebuah rincian tentang hal - hal yang mereka lakukan saat bekerja.

Tugas seorang pegawai Kasir salah satunya adalah menjalankan proses penjualan dan pembayaran, dan biasanya jam kerja mereka itu 6 - 8 jam.

Memang pekerjaan mereka sedikit menguras tenaga karena harus memberi salam setiap pengunjung masuk dan keluar, dan juga mereka harus terus berdiri walaupun kalau lagi sepi bisa saja mereka duduk.

Lalu mereka yang membungkus barang belanjaan, dan sebelum pulang mereka harus melakukan pencatatan kas fisik dan mengecek jumlah stok yang ada, kira - kira seperti itulah gambaran pekerjaan seorang kasir.

Sekarang seorang programmer, programmer biasanya bekerja antara 6 - 12 jam dan itu adalah jam kerja formal mereka belum ditambah jam kerja tambahan jika terjadi kerusakan dibidang TI.

Lalu selama jam kerja tersebut mereka dipaksa untuk terus berfikir, bayangkan saja selama 6 jam kamu dipaksa untuk berfikir terus menerus tanpa henti, lalu kamu juga harus selalu update tentang perkembangan teknologi.

Karena kalau kamu tidak update maka kamu bisa saja digantikan dengan orang lain yang lebih update dibandingkan kamu. Kamu juga dipaksa belajar hal baru setiap bulan dan kamu harus bisa menguasainya.

Seperti jawaban seorang programmer professional (Mike Lee) ketika mendapat pertanyaan "Kenapa gaji programmer begitu tinggi" diapun menjawab begini.
Saya berkerja full selama 8 sampai 12 jam perhari, dan terus berfikir selama jam kerja. Lalu aku harus belajar hal baru setiap 3 - 5 tahun, atau aku akan diremehkan oleh programmer junior.

Tetapi aku melihat seseorang yang hanya bekerja 3 - 4 jam perhari, bahkan kebanyakan jam kerja mereka tidak digunakan untuk bekerja, tetapi dia mendapatkan gaji setengah gajiku.

Terkadang aku berfikir, aku harus ganti pekerjaan seperti mereka, bekerja setengah dan dapat gaji setengah, tetapi memiliki kehidupan yang lebih seimbang, lihat artikel aslinya disini.

Setelah kamu membaca perbandingan diatas apakah pikiran kamu sudah sedikit terbuka mengenai kerasnya pekerjaan dibidang TI, dan kamu salah mengira bahwa TI adalah pekerjaan yang mudah.

Apa Faktor Penyabab Gaji Programmer Tinggi


Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, dan saya juga tidak bisa menyebutkannya satu persatu karena akan sangat panjang, jadi saya sebutkan yang faktor pentingnya saja.

1. Kebutuhan Akan Pekerja TI Begitu Tinggi


Sekarang perusahaan berlomba - lomba untuk masuk kedalam dunia digital, dan memasarkan produk ataupun jasa mereka lewat internet, tetapi untuk melakukan hal tersebut mereka membutuhkan bantuan programmer.

Karena itulah programmer banyak diincar oleh perusahaan besar maupun kecil dan mereka tidak takut untuk membayar anda sedikit lebih mahal asalkan apa yang mereka inginkan bisa tercapai.

2. Pekerja TI di Indonesia Masih Minim


Jumlah lowongan pekerjaan tidak sebanding dengan jumlah pekerja, itulah yang terjadi di Indonesia saat ini, dan inilah hal yang menunjang gaji seorang pekerja TI menjadi lebih tinggi.

Jadi untuk saat ini pekerja TI bagaikan emas dimata perusahaan, apalagi seseorang yang sudah memiliki pengalaman kerja yang lama dan memiliki ilmu yang tinggi, pasti akan diburu oleh perusahaan.

Kedua faktor itulah yang mewakili kenapa Gaji Seorang Programmer Bisa Begitu Tinggi.

Apakah Gaji Programmer Indonesia Bisa Dikatakan Tinggi


Dari tadi kita membicarakan bahwa gaji programmer di Indonesia itu begitu tinggi, tetapi pernahkan terbesit dipikiran kamu berapa besar gaji programmer diluar negeri, apakah lebih tinggi lagi atau lebih rendah.

Bisa kita bilang gaji rata - rata seorang programmer di Indonesia adalah 6,5jt/bulan, tergantung pada pengalaman kerja, dan bidang programmernya, karena programmer memiliki banyak bidang.
Kalau di Amerika rata - rata gaji programmer mereka sekitar 79jt/bulan, sedangkan di Inggris sendiri gaji rata - rata programmer sekitar 48jt/bulan, dan di India gaji rata - rata programmer 7,9jt/bulan.

Gaji rata - rata programmer Indonesia masih terbilang dibawah rata - rata gaji programmer diseluruh dunia, bahkan kita kalah dengan India, padahal programmer di India sangat banyak berbeda dengan di Indonesia yang programmernya masih sedikit.

Dan memang dinegara eropa, programmer sangat dihormati maka dari itu gaji mereka jauh lebih tinggi dan juga gaji tinggi tersebut selaras dengan tingginya biaya hidup disana.

Setelah membaca artikel ini apakah kamu masih ingin menjadi seorang programmer, ataupun kamu lebih ingin kerja menjadi seorang programmer diluar negeri, itu semua ada ditanganmu karena kamulah yang menentukan hidupmu.

Jika ada masukan atau jika ada kesalahan dalam artikel ini kamu bisa memberitahukannya melalui kolom komentar dibawah ini, dan jika ada pertanyaan kamu bisa menanyakan dikolom komentar.

0 Response to "Kenapa dan Apa Penyebab Gaji Programmer Begitu Tinggi ?"

Posting Komentar

Jika ingin berkomentar, silahkan untuk berkomentar dengan menggunakan bahasa yang SOPAN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel