Apakah Registrasi Kartu Prabayar Berguna atau Tidak Sama Sekali

Apakah Registrasi Kartu Telepon Berguna


Menkominfo telah membuat peraturan yang mewajibkan setiap pemilik kartu prabayar untuk meregistrasi kartunya kalau tidak kartu prabayar mereka tidak akan memiliki akses untuk telepon, sms, dan internet.

Pertanyaannya, Apakah Registrasi Kartu Prabayar Berguna atau Tidak Sama Sekali ?

Pasti banyak pro dan kontra pada masalah yang satu ini, saya sendiri masih netral karena menurut saya masalah diatas memiliki sisi positif dan sisi negatifnya masing - masing.

Tapi mari kita coba teliti lebih dalam tentang peraturan yang sudah dikeluarkan oleh menkominfo ini, dan setelah itu barulah kamu bebas memilih apakah kamu akan Pro atau Kontra terhadap masalah ini.

Kenapa Peraturan Ini Dibuat


Sebenarnya saya yakin kebanyakan masyarakat Indonesia sudah mengetahui kenapa sebenarnya peraturan ini dibuat, tetapi pasti masih ada saja yang belum mengetahui kenapa.

Menurut saya peraturan ini dibuat untuk meminimalkan kejahatan yang terjadi melalui nomor telepon, sebut saja kejadian Papa Minta Pulsa.

Kejadian tersebut sudah lama terjadi dan beberapa pelaku sudah ditangkap, tetapi apakah teror Papa Minta Pulsa juga berhenti ? jawabannya Tidak, malahan mereka masih merajalela diluar sana.

Bukan karena polisi yang kerjanya kurang baik, tetapi memang melacak mereka masih sangat sulit karena minimnya informasi yang bisa didapatkan.

Terlebih lagi sulit untuk melacak nomor telepon pelaku karena identitas yang ada pada nomor telepon tersebut dibuat asal - asalan, mulai dari nama, tempat tanggal lahir, sampai alamat, dibuat asal - asalan.

Oleh karena itulah Menkominfo membuat sebuah peraturan yang mewajibkan kita meregistrasi nomor telepon kita dengan menggunakan No.NIK dan No.KK.

Supaya ketika terjadi sesuatu pada nomor telepon kamu, maka polisi bisa dengan mudah melacak kamu melalui identitas yang telah kamu sematkan pada nomor telepon tersebut.

Terus apakah cara ini berhasil ? apakah sisi positif dari peraturan baru ini ada ? apakah sisi negatif dari peraturan baru ini ada?.


Sisi Positif Registrasi Kartu Prabayar


Salah satu sisi positif dari registrasi kartu prabayar ini adalah memudahkan polisi atau penegak hukum dalam melacak pelaku melalui nomor telepon yang digunakan pelaku.

Mungkin mulai saat ini para pelaku kejahatan melalui nomor telepon harus lebih berhati - hati dalam beraksi karena mereka bisa dengan mudah didapatkan dengan bantuan identitas yang ada didalam nomor telepon.

Sisi positif yang kedua adalah bisa meminimkan penggunaan kartu prabayar di negara Indonesia tercinta ini.

Karena setiap orang atau setiap NIK hanya bisa mendaftarkan maksimal 3 nomor telepon, jika dulu masyarakat Indonesia sering bergonta - ganti kartu prabayar, mulai sekarang mereka akan mikir dua kali untuk melakukannya.


Walaupun kamu masih bisa bergonta - ganti kartu prabayar kamu, yaitu ketika kamu sudah tidak menggunakan kartu yang satu kamu bisa mencopot registrasi kartu tersebut dan registrasi kartu yang baru menggunakan NIK kamu.

Sisi Negatif Registrasi Kartu Prabayar


Sisi negatif pertama dari registrasi kartu prabayar ini adalah membuat pemasukan dari penjual kartu menurut drastis, yang biasanya mereka bisa menjual 10 kartu perhari tetapi setelah ada peraturan baru penjualan kartu pun tidak menentu.

Bahkan ada gerakan menguburkan konter pulsa dan gerakan ini dilakukan oleh para pemilik konter karena kesal dengan peraturan menkominfo tentang registrasi kartu prabayar.
Bahkan gerakan ini sudah diikuti oleh sekitar 500 pemilik konter, mereka membuat batu nisan dan menuliskan nama dari konter mereka dibatu nisan tersebut kemudian batu nisan tersebut disusun dengan rapi.

Sisi Negatif yang kedua adalah kita diwajibkan untuk meregistrasi kartu walau hanya digunakan untuk internetan, padahal fasilitas wifi umum di Indonesia masih belum memadai.

Kebanyakan warga Indonesia berinternet masih menggunakan kartu prabayar atau yang biasa dikatakan kartu paket, tetapi sejak adanya peraturan registrasi, kita pun semakin kesulitan dalam berinternet.

Bayangkan saja kita hanya diberikan maksimal 3 kartu untuk didaftarkan jika kita sudah menggunakan 1 untuk kartu paket, berarti kita hanya memiliki 2 kartu lagi yang bisa didapatkan.

Tetapi kalau di Indonesia sudah memiliki fasilitas wifi umum yang memadai, mungkin masalah diatas tidak akan terlalu berdampak pada kita.

Apakah Sistem Registrasi Kartu Prabayar Lebih Aman


Jika kamu menanyakan pertanyaan diatas kepada saya, maka saya akan menjawab "Tidak", karena walaupun kartu harus diregistrasi bukan berarti pelaku tidak bisa memalsukan identitas mereka.

Para pelaku kejahatan diluar sana memiliki 1001 cara untuk dapat menyembunyikan Identitas mereka yang sebenarnya, walaupun pemerintah membuat peraturan yang lebih tegas.

Buktinya saja banyak situs yang menyediakan No.NIK dan NO.KK palsu yang bisa digunakan untuk registrasi kartu prabayar, dan ternyata hal itu betulan bisa meregistrasi kartu kamu.

Saya sendiri pernah mencobanya, dan ternyata memang bisa, tetapi saya copot lagi registrasinya karena memang niat saya hanya untuk mencoba saja bukan untuk menggunakannya.

Bagaimana Cara Membuat Pelaku Kejahatan Melalui Nomor Telepon Takut ?

Pertanyaan tersebut hanya bisa tanyakan kepada menkominfo, karena saya sendiri masih belum mengetahui cara apa yang bisa membuat para pelaku kejahatan melalui nomor telepon bisa takut.

Kalau kamu punya sebuah ide untuk membuat para pelaku kejahatan melalui nomor telepon bisa takut, kamu bisa memberitahukannya langsung kepada menkominfo melalui situs resminya.

Setelah membaca artikel ini dari atas sampai kebawa, apakah kamu sudah bisa menentukan kamu berada disisi Pro atau Kontra?, silahkan beritahukan kepada saya dikolom komentar.

Jika kamu memiliki masukan atau jika kamu melihat ada kesalahan didalam artikel ini kamu bisa memberitahukannya melalui kolom komentar dibawah.

0 Response to "Apakah Registrasi Kartu Prabayar Berguna atau Tidak Sama Sekali"

Posting Komentar

Jika ingin berkomentar, silahkan untuk berkomentar dengan menggunakan bahasa yang SOPAN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel