Apa Itu Bandwith dan Apa Kegunannya dan Juga Fungsinya

Pengertian, Kegunaan, dan Fungsi dari Bandwith


Bandwith sebenarnya memiliki sejumlah istilah dalam arti yang teknis, tetapi sejak internet menjadi populer, maka bandwith ini merujuk pada volume informasi per unit waktu yang dapat ditangani oleh medium transmisi (seperti koneksi internet).

Atau bisa saya katakan arti dari bandwith sendiri adalah pembatas kecepatan maksimum sebuah koneksi internet, jadi koneksi internet yang memiliki bandwith lebih besar akan lebih cepat daripada koneksi internet yang memiliki bandwith lebih kecil.

Bandwith biasa diungkapkan dalam bit per second, contonya seperti 60 Mbps atau 60 Mbp/s, maksud dari 60 Mbps adalah kecepatan mentransfer data berada pada kisaran 60 Juta Bit per detik.

Apa Kegunaan Dari Bandwith


Tahukah kamu bahwa kecepatan yang dapat dihasilkan dari sebuah koneksi internet sangat bergantung pada bandwith yang dimiliki.

Semakin besar bandwith yang dimiliki sebuah koneksi internet maka semakin banyak pula waktu yang bisa kamu hemat, dan ini adalah salah satu faktor penting dari sebuah bandwith.

Contohnya ketika kamu ingin mendownload sebuah file yang berukuran 1000 MB (Megabit), ketika kamu memiliki bandwith sebesar 10 Mbp/s, maka waktu yang kamu perlukan untuk mendownload hanyalah sekitar 100 detik atau 1,4 menit.

Tetapi jika bandwith yang kamu miliki sebesar 1 Mbp/s maka waktu yang kamu butuhkan untuk mendownload file berukuran 1000 MB adalah sekitar 1000 detik atau 17 Menit.

Kamu pasti bisa melihat perbedaan waktu yang diperlukan untuk mendownload file berukuran 1000 MB menggunakan bandwith sebesar 10 Mbp/s dan 1 Mbp/s.


Inilah juga salah satu faktor yang mempengaruhi kenapa kecepatan internet di Indonesia sangat lambat, karena memang rata - rata bandwith yang dimiliki oleh jasa penyedia internet sangat kecil.

Apakah Bandwith yang Kecil Menjadi Faktor Penentu Lambatnya Internet


Bandwith yang kecil bukanlah satu - satunya faktor penyebab internet menjadi lambat, masih ada beberapa faktor yang menyebabkan internet disuatu tempat atau daerah menjadi lambat.

Contohnya salah satu penyebab Internet disuatu daerah menjadi lambat adalah karena jenis kabel yang digunakan, karena kabel biasa dan kabel fiber optik memiliki daya transfer yang berbeda.

Belakangan ini jasa penyedia internet berlomba - lomba menggunakan Jaringan Fiber Optik atau Kabel Fiber Optik, hal ini karena Kabel Fiber Optik memiliki beberapa keunggulan dari Kabel biasa.

Kabel Fiber Optik ini sangat cepat dalam mentransfer data - data dari satu tempat ke tempat yang lain, dalam artian dengan menggunakan kabel fiber optik maka kecepatan internet juga bisa lebih cepat.

Kabel Fiber Optik ini juga lebih tahan dari berbagai radiasi, sehingga proses transfer data juga tidak akan terganggu, tetapi kabel ini juga memiliki harga yang lebih mahal dari kabel biasa.

Virus juga ternyata mempengaruhi kecepatan internet yang kamu gunakan, jadi bukan hanya mempengaruhi kinerja komputer, virus juga bisa mempengaruhi kecepatan internet kamu, maka dari itu jagalah komputermu dari virus, spyware, dan sejenisnya.

Jenis Sinyal yang dimiliki oleh sebuah perangkat mobile juga mempengaruhi kecepatan dari koneksi internet sendiri, pastilah akan banyak perbedaan yang kamu alami dalam berinternet menggunakan sinyal 3G dan 4G.

Pastilah sinyal 4G lebih cepat dalam mentransfer data dibandingkan kecepatan transfer data dari sinyal 3G, maka dari itu sebaiknya gunakan sinyal internet terbaik agar kamu bisa mendapatkan pengalaman berinternet yang lebih baik.

Jika ada masukan atau jika ada kesalahan didalam artikel ini, kamu bisa memberitahukannya kepada saya melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

0 Response to "Apa Itu Bandwith dan Apa Kegunannya dan Juga Fungsinya"

Posting Komentar

Jika ingin berkomentar, silahkan untuk berkomentar dengan menggunakan bahasa yang SOPAN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel