Beberapa Hal Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Factory Reset atau Reset HP Android

Beberapa Hal Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Factory Reset atau Reset HP Android


Apakah saat ini kamu ingin reset hp android kamu tetapi kamu tidak tahu hal yang harus dilakukan sebelum factory reset atau sebelum mereset hp, pada artikel ini saya akan memberitahu kamu hal yang harus dilakukan sebelum factory reset, jadi harap disimak dengan baik penjelasan tentang hal yang harus dilakukan sebelum factory reset ini.

Sebelum memulai saya ingin tahu apakah alasan kamu sebelum melakukan factory reset ini, apakah karena hp atau smartphone kamu sudah begitu lambat kinerjanya ataukah kamu hanya iseng ingin melakukan factory reset.

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut apa itu Factory Reset atau reset data pabrik, dan ingin mengetahui akibat dari reset data pabrik atau efek kembali ke pengaturan pabrik, bisa baca lewat link dibawah.
Jika kamu hanya iseng saja melakukan factory reset, ataupun smartphone kamu sebelum factory reset baik - baik saja maka saya sarankan untuk tidak usah melakukan factory reset atau reset hp, karena hal ini cukup berbahaya jika persiapan kamu belum matang.

Sebelumnya saya ingin memberitahu bahwa factory reset itu terjemahan dari reset data pabrik atau sama saja dengan reset hp android jadi jangan sampai kebingungan saat saya mengatakan 'hal yang perlu kamu lakukan sebelum Factory Reset' karena sebenarnya artinya sama saja.

Hal Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Factory Reset atau Reset Hp Android


Sebenarnya kamu tidak perlu mengikuti semua poin - poin yang akan saya tuliskan dibawah ini, karena setiap orang berbeda - beda dalam menggunakan android.

Maksud saya jika kamu tidak pernah menggunakan media sosial, sementara disalah satu poin mengajak kamu untuk memback up semua obrolan dimedia sosial kamu, maka kamu tidak perlu melakukannya.

1. Menyimpan atau Mengingat Username dan Password Akun Gmail Kamu


Jika kamu pengguna android maka akun gmail akan selalu dibutuhkan, maka dari itu hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum factory reset adalah menyimpan atau mengingat semua akun gmail kamu.

Karena saat kamu melakukan factory reset nanti akun gmail kamu akan menghilang, jadi ada baiknya kamu simpan username dan passwordnya, kalau bisa dituliskan saja dikertas dan disimpan ditempat yang mudah diingat.

2. Menyimpan Username dan Password Akun Sosial Media Kamu


Jika kamu pengguna sosial media seperti line, facebook, twitter, dan lainnya. hal yang harus kamu lakukan sebelum factory reset adalah mengingat semua id password atau username password dari akun media sosial kamu, jika kamu kesulitan mengingat username dan passwordnya bisa kamu tulis saja dikertas dan disimpan ditempat yang mudah diingat.

Karena teman saya pernah kehilangan akun media sosialnya hanya karena dia tidak bisa mengingat apa username dan passwordnya, dan kala itu dia baru saja melakukan factory reset atau reset hp.

3. Backup Semua Percakapan Pada Sosial Media


Jika kamu seorang yang sangat aktif disosial media apalagi sering chatting dengan teman disosial media, pastinya kamu tidak ingin kehilangan histori percakapan kamu dengan temanmu, maka hal yang harus kamu lakukan sebelum factory reset adalah dengan membackup percakapan tersebut.

Kabar baiknya hampir semua sosial media tidak perlu dilakukan backup percakapan, karena percakapan akan muncul kembali ketika kita login, tetapi ada beberapa media sosial yang harus dibackup percakapannya agar tidak hilang salah satunya adalah whatsapp.
Jadi jika kamu pengguna whatsapp sebaiknya kamu melakukan backup percakapan, sebelum melakukan factory reset, agar percakapan kamu tidak hilang begitu saja.

4. Backup Sms dan Kontak Telepon


Jika kamu sering menggunakan hp atau smartphone kamu untuk sms-an atau telepon-an dan didalam kontak kamu banyak sekali nomor orang - orang penting, maka hal yang harus kamu lakukan sebelum factory reset adalah melakukan backup pada sms dan kontak telepon tersebut.

Jika kamu hanya ingin membackup nomor telepon dan hanya beberapa nomor saja ada baiknya kamu mencatatkannya saja disebuah kertas, tetapi jika kamu ingin membackup sms dan nomor telepon sekaligus maka kamu harus menggunakan sebuah aplikasi bernama AppBackup.

5. Backup Aplikasi Penting


Sebenarnya ini tidaklah terlalu penting - penting sekali, karena kamu bisa mendownload aplikasi yang dibutuhkan setelah kamu selesai melakukan factory reset, tetapi jika kamu memiliki banyak aplikasi dan kamu masih menggunakan kuota saat berinternet, ada baiknya kamu membackup aplikasi tersebut agar kuota kamu tidak cepat habis dan tidak memakan waktu yang lama.

Ada banyak aplikasi backup yang bisa kamu coba, kalau saya sendiri menggunakan Clean Master untuk membackup aplikasi yang saya gunakan, tetapi kamu juga bisa mencoba menggunakan aplikasi lain untuk membackup aplikasi.

Catatan, tidak semua aplikasi dapat dibackup karena ada beberapa aplikasi yang walaupun sudah terbackup tetapi saat diinstal kembali tidak bisa terinstal, karena aplikasi tersebut memang tidak bisa dibackup, jadi harus didownload ulang.

6. Simpan File Penting Di SD Card atau Alat Penyimpan Lainnya


Jika kamu memiliki data atau file penting yang jika terhapus maka kamu akan sangat menyesal, maka sebaiknya hal yang harus kamu lakukan sebelum factory reset adalah menyimpan file tersebut di SD Card atau kartu memori atau Google Drive, atau alat penyimpan data, atau semacamnya.

Karena ketika kamu melakukan factory reset semua data yang ada didalam memori internal akan lenyap, jadi sebaiknya kamu simpan saja didalam SD Card atau alat penyimpan lainnya.

7. Taruh Foto dan Video Kedalam SD Card atau Alat Penyimpan Lainnya


Jika kamu seseorang yang memiliki banyak foto dan video didalam smartphone dan tidak ingin kehilangan foto - foto dan video tersebut hal yang harus kamu lakukan sebelum factory reset adalah menyimpan foto dan video tersebut kedalam alat penyimpan data.

Kalau misalnya foto dan video kamu terlalu banyak dan tidak muat disimpan didalam alat penyimpan data yang kamu miliki kamu bisa menyimpannya didalam Google Drive tetapi ini harus menggunakan internet dan pastinya hal ini tidak saya rekomendasikan bagi kamu yang masih menggunakan kuota.

8. Keluarkan SD Card atau Kartu Memori Dari Dalam Handphone


Kamu pastinya tidak ingin SD Card kamu ikut tereset saat melakukan factory reset, maka agar itu tidak terjadi hal yang harus kamu lakukan sebelum factory reset adalah mengeluarkan SD Card atau kartu memori dari dalam handphone kamu.

Itulah 8 Hal yang harus kamu lakukan sebelum factory reset atau reset hp android, saya harap kamu bisa mengerti apa yang saya katakan diatas dan melakukan sesuai kebutuhkan kamu saja.

Dan saya harap agar persiapan kamu sudah matang sebelum kamu melakukan factory reset, agar tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan dan disesali dikemudian hari.

Jika kamu kurang mengerti tentang artikel ini, atau kamu memiliki beberapa masukan atau tambahan mengenai artikel ini, kamu bisa katakan pada saya lewat kolom komentar dibawah atau menghubungi saya melalui Contact Us.

1 Response to "Beberapa Hal Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Factory Reset atau Reset HP Android"

  1. Kalau pernah ngeressert 1kali terus sekarang mau ngeressert lagi itu bagaimana ya nanti penyebab kepada hpnya?

    BalasHapus

Jika ingin berkomentar, silahkan untuk berkomentar dengan menggunakan bahasa yang SOPAN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel