Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Playstore

Penyebab dan Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Playstore

Apakah kamu pernah ketika ingin mendownload sebuah aplikasi atau game di Playstore, ketemu tulisan "Perangkat tidak Kompatibel Dengan Versi Ini", biasanya hal ini hanya akan ditemukan di Google Playstore, dan saya akan memberitahu kepada kamu bagaimana cara mengatasi masalah diatas.

Sebenarnya kenapa bisa muncul tulisan seperti itu di Playstore android kamu, padahal kamu tidak pernah mengotak - atik android ataupun playstore kamu sama sekali, apakah itu ulah dari virus yang ada di android kamu ?

Sama sekali bukan, ini tidak ada hubungannya dengan virus, walau mungkin saja tetapi kemungkinannya sangat kecil, ada beberapa penyebab yang membuat munculnya tulisan Aplikasi tidak kompatibel, dan ada beberapa cara mengatasi tulisan perangkat tidak kompatibel ini.

Maka dari itu sebelum kita fokus pada cara mengatasi aplikasi tidak kompatibel, mari saya ajak dahulu pembaca untuk mengetahui apa saja penyebab sehingga tulisan Perangkat tidak kompatibel ini bisa muncul di google playstore kamu.

Penyebab Perangkat Tidak Kompatibel Pada Playstore


Penyebab perangkat tidak kompatibel ini ada beberapa faktor, bisa karena perangkat atau smartphone yang kamu gunakan sudah tidak sesuai dengan aplikasi tersebut atau juga karena di negara kamu tidak tersedia aplikasi tersebut.

1. Perangkat atau Smartphone Sudah Tidak Sesuai


Google Playstore memiliki semacam algoritma atau sistem yang bisa membuat playstore mengetahui smartphone atau android jenis apa yang kamu gunakan, termasuk spesifikasi dan hal lainnya tentang smartphone yang kamu gunakan.

Karena aplikasi akan terus mengalami perkembangan maka dibutuhkan spesifikasi smartphone yang lebih besar untuk menjalankannya, jadi ketika playstore merasa kalau perangkat yang kamu gunakan sudah dianggap tidak bisa menjalankan sebuah aplikasi, maka muncullah tulisan Perangkat tidak Kompatibel.

2. Aplikasi Membutuhkan Spesifikasi Lebih Tinggi


Kamu pasti tahu bahwa sebuah aplikasi akan selalu diperbarui, ini bertujuan supaya aplikasi tersebut lebih baik dari versi sebelumnya dan supaya tidak ketinggalan jaman, contohnya, bayangkan facebook waktu pertama muncul dengan sekarang, pasti sudah jauh berbeda.

Facebook sekarang sudah jauh lebih mudah digunakan dan kalau dibandingkan dengan facebook yang dulu, facebook sekarang sudah lebih bergaya modern, inilah kegunaan dari pembaruan sebuah aplikasi.

Tetapi efek samping pembaruan sebuah aplikasi terletak pada penggunaanya, semakin sering aplikasi diperbarui, maka semakin tinggi spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Contohnya, aplikasi facebook akan lelet jika dijalankan dismartphone yang berspesifikasi rendah, padahal dulu aplikasi tersebut baik - baik saja digunakan dismartphone dengan spesifikasi rendah, itu karena aplikasi facebook sudah dilakukan banyak pembaruan.

Jika kamu memaksakan menggunakan aplikasi yang ternyata membutuhkan spesifikasi lebih tinggi daripada smartphone kamu, maka aplikasi tersebut tidak akan berjalan dengan baik dismartphone kamu.

3. Aplikasi Tersebut Tidak Tersedia Di Negara Kamu


Tidak semua aplikasi yang ada di Google Playstore bisa didownload di Indonesia, dan mungkin saja disinilah masalah kamu, untuk cara mengatasinya ada 3 cara sejauh ini.

Cara pertama, kamu bisa menunggu sampai aplikasi tersebut sudah tersedia dan sudah bisa didownload di Negara kamu, yang mana, mungkin butuh waktu sebentar atau butuh waktu lama.

Cara kedua, kamu bisa mencoba menggunakan VPN. Cara ketiga, kamu bisa download di alternatif google playstore.


Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel


Karena kita sudah tahu apa saja penyebab perangkat tidak kompatibel, maka akan lebih mudah untuk mengetahui cara mengatasi perangkat yang tidak kompatibel ini, dan disini saya akan membantu kamu mengatasi perangkat tidak kompatibel di playstore ini.

1. Melakukan Upgrade OS Android


Karena salah satu masalah perangkat tidak kompatibel ini adalah android yang sudah tidak sesuai dengan sebuah aplikasi, maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengupgrade Operating System Android kamu.

Kamu harus mengetahui dahulu spesifikasi seperti apa yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi yang akan kamu download, jangan sampai kamu ingin mendownload PUBG Mobile di hp Kentang, karena itu hanya akan membuang - buang kuota dan waktu kamu.

Jika kamu ingin mengupgrade OS Android, kamu bisa melihat di Google bagaimana caranya, karena setiap smartphone berbeda - beda cara mengupgrade OS Android.


2. Download Aplikasi Di Penyedia Lain


Google Playstore bukan hanya satu - satunya aplikasi atau situs dimana kamu bisa mendownload aplikasi atau game yang kamu inginkan, ada banyak aplikasi atau situs lain yang memiliki fungsi atau kegunaan yang sama dengan Google Playstore.

Salah satunya adalah APK Pure, disitu kamu bisa mendownload aplikasi atau game yang kamu inginkan, dan saya juga sering mendownload aplikasi dari APK Pure, sampai saat ini smartphone saya baik - baik saja tidak terkena virus.

Tetapi sebelum mendownload dari situs lain selain Google Playstore, kamu harus mengetahui dahulu spesifikasi yang dibutuhkan oleh aplikasi atau game yang akan kamu download, karena kalau kamu mendownload aplikasi yang membutuhkan spesifikasi tinggi sementara smartphone kamu berspesifikasi rendah, akan terjadi force close, atau bahkan aplikasi tidak bisa dibuka.


3. Menggunakan VPN Untuk Mendownload


Sebenarnya hal ini tidaklah perlu kamu lakukan, karena jika kamu ingin mendownload aplikasi yang tidak tersedia di suatu negara pada Google Playstore, kamu tinggal download saja disitus lain seperti APK Pure.


Tetapi jika kamu hanya ingin mendownload aplikasi di Google Playstore dan ternyata aplikasi tersebut dinyatakan tidak tersedia di Negara kamu, maka kamu mau tak mau harus menggunakan VPN, ada banyak VPN gratis yang tersedia di Google Play.

Ada banyak kekurangan mendownload aplikasi yang masih belum tersedia di Negara sendiri, salah satunya kamu harus selalu menggunakan VPN jika ingin memainkannya yang mana akan menguras kuota lebih.

4. Memanipulasi Spesifikasi Smartphone


Hal ini juga sebenarnya tidaklah perlu kamu lakukan, karena ketika kamu ingin mendownload sebuah aplikasi di Google Playstore dan tertulis Perangkat tidak Kompatibel, kamu hanya perlu mendownload aplikasi tersebut disitus lain seperti APK Pure.

Karena memanipulasi spesifikasi smartphone tidak akan mengubah spesifikasi dari smartphone kamu, itu hanya akan mengubah informasi tentang spesifikasi smartphone kamu.

Untuk menggunakan cara ini kamu harus melakukan root pada smartphone kamu, karena kebanyakan aplikasi yang bisa memanipulasi spesifikasi smartphone membutuhkan root pada perangkat.

Sebelum menggunakan cara ini kamu juga harus mengetahui spesifikasi yang dibutuhkan dari aplikasi yang akan kamu download, supaya aplikasi tersebut bisa digunakan dengan baik dismartphone kamu.

Itulah dia beberapa penyebab dan cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di playstore, semoga kamu bisa mengatasi masalah yang kamu alami, jika kamu ingin mengajukan pertanyaan kamu bisa memberitahukannya kepada saya dikolom komentar.

10 Responses to "Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Playstore"

  1. Saya telah mencoba mencoba make apk pure, tetapi tetap saja tidak bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisanya gimana ya ? bisa dijelaskan lebih detail

      Hapus
  2. Sama saya juga min
    Tulisannya aplikasi gagal di unduh
    Pake apk downloadan jg gagal min
    Tulisannya aplikasi tidak terpasang
    Harus gimana lagi ya?
    Hp sudah root twrp magisk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti besar kemungkinan HP agan yang gak nahan.

      Hapus
  3. Hari ini hp saya riset ke setelan pabrik,setelah itu muncul masalah perangkat tidak kompatibel,padahal sebelumnya untuk pasang aplikasi vii tidak ada masalah,harus gimana ini ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin OSnya belum diupgrade, atau download saja aplikasinya dari google, tidak usah dari google Play, karena kan sebelumnya bisa digunakan di hp kamu.

      Hapus
  4. Masalah yang saya alami, sebelumnya saya pernah pake beberapa aplikasi dari playstore dan bisa digunakan sebagaimana mestinya. Tapi setelah saya melakukan reset pabrik, beberapa aplikasi yang pernah saya pake sekarang jadi gak kompetable. Itu gimana solusinya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kakak update OS androidnya, dan kalau sebelum direset, aplikasinya bisa digunakan, silahkan download dari google saja, tidak usah dari google playstore.

      Atau mungkin aplikasi tersebut sudah diperbaharui, sehingga spesifikasi hp kakak sudah tidak termasuk spesifikasi yang disarankan untuk menggunakan aplikasi tersebut.

      Hapus
    2. Udah gak bisa update lagi karena menurut keterangan, ini udah OS terbaru. Dan di situ nggak ada file pembaharuan OS yang bisa diunduh

      Hapus
    3. Mungkin Google Play yang salah data, agan langsung download apknya digoogle saja.

      Hapus

Jika ingin berkomentar, silahkan untuk berkomentar dengan menggunakan bahasa yang SOPAN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel