Apa itu Force Close, Penyebab dan Cara Mengatasi Force Close

Penyebab dan Cara Mengatasi Force Close

Apakah smartphone android kamu sedang bermasalah, contohnya saat sedang menggunakan sebuah aplikasi atau game, tiba - tiba saja aplikasi tersebut keluar dan muncul tulisan "Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti", itu namanya force close, dan disini saya akan memberitahu kepada kamu apa saja penyebab terjadinya force close dan cara mengatasi force close.

Banyak yang menjadi faktor force close atau keluar tiba - tibanya sebuah aplikasi atau game, bisa dari permasalahan internal ataupun permasalahan eksternal, seperti muka yang pakai smartphone (becanda).

Bahkan peran dari virus bisa memicu terjadinya force close, sehingga sebenarnya banyak sekali penyebabnya, dan dibawah saya akan memberitahu kepada kamu lebih banyak penyebab dari force close ini sendiri, dan saya akan memberitahu cara mengatasi force close yang sudah membuatmu murka.

Apa itu Force Close


Kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, Force Close berarti Dipaksa Berhenti, jadi singkatnya sebuah aplikasi yang sedang kita jalankan atau mainkan, diberhentikan secara paksa oleh sistem android, karena sebuah alasan.

Dan alasan apa saja yang membuat sebuah sistem android terpaksa mematikan sebuah aplikasi akan kamu ketahui di bawah sini.

Penyebab Terjadinya Force Close


Sebenarnya ada banyak penyebab terjadinya force close itu sendiri, dan saya tidak akan bisa memberitahu kepada kamu semua apa saja penyebabnya satu per satu, saya hanya akan memberitahu penyebab yang muncul diotak saya saat menulis artikel ini.

1. Banyak Aplikasi Berjalan


Apakah kamu orang yang kalau memainkan android suka menjalankan aplikasi yang banyak dalam satu waktu, maka kebiasaan itu harus segera kamu hentikan.

Soalnya jika aplikasi yang berjalan semakin banyak, maka smartphone android akan dipaksa bekerja semakin keras, sehingga menyebabkan kinerja dari android itu menurun, dan ini adalah penyebab tersering terjadinya force close itu sendiri.

Maka dari itu, matikan aplikasi - aplikasi yang kamu tidak gunakan lagi, jika ingin membuka aplikasi secara bersamaan cukup 2-3 saja, tergantung kemampuan smartphone.

Hal ini juga terjadi ketika baru menghidupkan smartphone dari keadaan mati total. Jika kamu baru saja menghidupkan android yang mati total, maka setelah android sudah menyala jangan langsung digunakan, tunggu 20-30 detik sampai android sudah benar - benar siap, barulah bisa digunakan.

2. Kemampuan Smartphone


Force Close sering terjadi pada smartphone yang memiliki spesifikasi menengah kebawah, terlebih jika spesifikasi smartphone kamu rendah tetapi kamu menggunakan aplikasi yang diharuskan digunakan di android berspesifikasi tinggi.

Hal ini seperti pikiran seorang anak yang baru belajar tambah dan kurang tetapi dipaksa untuk menyelesaikan soal perkalian dan pembagian, bisa saja, tetapi butuh waktu lama, bahkan bisa saja dia langsung menyerah.

Begitulah smartphone ini, jangan paksakan untuk menggunakan aplikasi yang tidak kompatibel di smartphone kamu, jangan paksakan memainkan PUBG di android dengan spesifikasi yang sangat rendah.

3. RAM Penuh


Hampir sama dengan point nomor 1 diatas, sehingga penjelasannya juga sepertinya tidak perlu saya jelaskan lagi, dan jika kamu ingin menghapus aplikasi - aplikasi yang menyebabkan ram penuh ada beberapa cara, dan akan saya beritahu pada bagian, cara mengatasi force close.

4. Cache Aplikasi Sudah Menumpuk


Jika kamu kurang tahu apa itu cache, bisa saya katakan cache itu adalah semacam informasi yang memudahkan sebuah android atau smartphone untuk lebih cepat membuka sebuah file atau aplikasi, dan lokasi dari cache ini sendiri tersembunyi.

Mudahnya, seperti otak kita, ketika kita mencoba menyelesaikan sebuah soal matematika untuk pertama kali, otak akan mengingat rumus dan cara kerja soal tersebut, sehingga ketika bertemu soal yang sama atau sejenis, kita akan lebih cepat menyelesaikannya.

Android juga seperti itu, ketika membuka sebuah aplikasi atau file untuk pertama kali, mungkin android butuh waktu yang lumayan lama, tetapi ketika dibuka untuk kedua kali dan seterusnya, prosesnya akan lebih cepat.

Tetapi semakin banyak cache yang menumpuk, kurang baik juga untuk kinerja smartphone itu sendiri, sehingga harus dihapus dan cara menghapus cache android akan ada dibawah.

Cara Mengatasi Force Close


Karena kita sudah membahas beberapa penyebab yang menyebabkan sebuah aplikasi keluar tiba - tiba, kita jadi lebih mudah mengatasi force close ini, disini saya hanya akan memberitahu bagaimana cara mengatasi force close terjadi.

1. Minimalkan Aplikasi Sedang Berjalan


Ada banyak cara untuk mematikan aplikasi yang sedang berjalan. Cara pertama bisa lewat tombol yang sudah disediakan dismartphone kamu, misalnya Samsung, klik tombol tengah dan matikan aplikasi yang sudah tidak digunakan.

Sony Zr Docomo klik tombol bertanda kotak dan matikan aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi, beberapa smartphone memiliki pengaturan yang sama dan beberapa tidak, tinggal coba saja.


Cara kedua untuk meminimalkan aplikasi berjalan bisa menggunakan aplikasi khusus, seperti aplikasi Clean Master atau 360 Security yang bisa didownload di google playstore atau appstore.

Kedua contoh aplikasi tersebut bisa digunakan untuk Antivirus dan juga mematikan aplikasi yang sedang berjalan, sehingga RAM bisa lebih ringan dan bekerja lebih cepat.

Ada beberapa aplikasi yang suka berjalan walaupun kita tidak gunakan, salah satunya adalah aplikasi - aplikasi sosial media, contohnya ketika kamu baru saja menghidupkan data seluler, pasti notifikasi dari aplikasi sosial media banyak bermunculan.

Itu karena, setelah kamu menghidupkan data seluler, maka sosial media akan selalu bekerja dibackground smartphone kamu, semakin banyak aplikasi sosial media yang terinstal di android, semakin lelet pula android.

2. Perhatikan Detail Aplikasi


Sebelum mendownload sebuah aplikasi, kamu harus memperhatikan detail aplikasi tersebut, maksud saya detailnya adalah spesifikasi seperti apa yang direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Karena salah satu penyebab terjadinya force close itu karena spesifikasi smartphone tidak sanggup untuk menjalankan sebuah aplikasi, seperti becak motor dipaksa untuk membawa mobil, kan gak bisa.

3. Hapus Cache Aplikasi


Semakin sering sebuah aplikasi digunakan maka cache-nya juga semakin besar, kalau smartphone kamu spesifikasinya tinggi sih tidak perlu khawatir, tetapi bagi pemilik smartphone spesifikasi menengah kebawah, maka hal ini harus diperhatikan.

Sebenarnya peran cache ini cukup penting, cuma kalau kapasitas cache sudah besar, maka harus dihapus supaya tidak menjadi beban untuk android atau aplikasi yang kamu gunakan.

Cara menghapus cache ada 2, langsung dari handphone (secara manual) dan bisa juga menggunakan aplikasi khusus, salah satunya adalah Clean Master dan 360 Security.

4. Berikan Android Delay


Saat kamu baru menghidupkan android dari keadaan mati total, jangan langsung digunakan, tetapi tunggu beberapa saat, sampai android sudah benar - benar siap digunakan.

Seperti saat kamu baru bangun tidur, akan sulit kalau setelah bangun langsung belajar, tetapi tunggu beberapa saat sampai tubuh sudah benar - benar siap.

Hal ini juga berguna kalau kamu baru menghidupkan data seluler atau wifi, karena biasanya sesaat setelah kamu menghidupkan internet, akan banyak notifikasi muncul, tunggu sampai notifikasi sudah tidak muncul lagi, baru gunakan smartphone kamu.

5. Rutin Menge-cek Virus Smartphone


Virus juga bisa menjadi alasan yang menyebabkan terjadinya force close, sehingga untuk mengatasi hal ini, kamu harus rutin menggunakan aplikasi antivirus untuk mengecek dan membunuh virus yang bersarang di android kamu.

Kesimpulan


Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan android atau aplikasi mengalami force close atau tiba - tiba tertutup, tetapi kebanyakan faktor penyebab terjadinya force close ini karena spesifikasi smartphone yang rendah dan dipaksa untuk menggunakan aplikasi berspesifikasi tinggi.

Itulah dia penyebab dan cara mengatasi force close pada android atau apple smartphone kamu, jika kamu merasa bahwa cara diatas belum menyelesaikan permasalahan yang kamu alami, bisa ceritakan detailnya dikolom komentar.

0 Response to "Apa itu Force Close, Penyebab dan Cara Mengatasi Force Close"

Posting Komentar

Jika ingin berkomentar, silahkan untuk berkomentar dengan menggunakan bahasa yang SOPAN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel