Lebih Besar atau Bagusan Penghasilan Youtube atau Blogger ?

Lebih Besar atau Bagusan Penghasilan Youtube atau Blogger ?
Pertanyaan yang sering banget muncul dibenak orang - orang yang akan memulai sebuah bisnis online, tetapi mereka bingung antara memilih youtube atau blogger ? lebih besaran gaji youtube atau blogger ?.

Bisa saya katakan pertanyaan ini pernah menghantui hampir 99% orang yang akan terjun ke bisnis online, saya juga pernah berpikiran yang seperti ini, walau pada akhirnya saya lebih memilih menggunakan blogger.

Bukan tanpa alasan saya memilih blogger, tetapi saya juga tidak katakan bahwa youtube tidak bagus atau tidak berpenghasilan besar, saya memilih blogger setelah melewati pemikiran yang lama dan lumayan matang.

Lebih Bagusan Youtube Atau Blogger


Pada artikel ini saya akan sampaikan kepada kamu tentang opini saya terhadap pertanyaan "Lebih besar penghasilan youtube atau blogger", saya tidak meminta kamu untuk 100% mengikuti opini saya ini, tetapi pilahlah mana yang menurut kamu cocok diikuti.

Dari Segi Penghasilan


Kalau ini tahun 2017 kebawah, bisa saya katakan youtube adalah platform yang bisa memberikan kamu penghasilan dengan mudah, setidaknya lebih mudah daripada menggunakan blogger.

Tetapi kalau untuk sekarang, kebijakan youtube sudah diperketat banyak orang yang dulu berpenghasilan besar dari youtube sekarang entah kemana, walau ada yang masih bisa bertahan.

Kalau menurut saya untuk saat ini lebih mudah mendapatkan penghasilan melalui blogger daripada youtube, karena kebanyakan orang sudah bisa berpenghasilan setelah 6 bulan ngeblog secara rutin.

Tetapi untuk youtube, walaupun kamu mendapat banyak views atau video yang kamu berikan itu original buatanmu sendiri belum tentu channel youtube kamu dimonetisasi dalam waktu dekat.

Dari Segi Kesulitan Pembuatan Konten


Dari segi pembuatan konten baik itu blogger atau youtube semuanya relatif, ada yang sulit dan ada yang tidak, tergantung niche dari konten yang kamu pilih.

Jika kamu memilih blogger berniche curhat kontennya akan lebih mudah, karena kamu tidak perlu riset kesana - kemari, tinggal tuliskan saja yang ada didalam hati, tetapi kalau blogger berniche bisnis, pastinya akan repot untuk riset kesana kemari.

Sama halnya dengan youtube, jika channel kamu hanya berkonten gaming tanpa perlu banyak - banyak editan mungkin mudah saja, tetapi kalau konten seperti konten calon sarjana akan lebih sulit, karena perlu riset, editing, dan pengisi suara.

Tetapi ini juga tergantung kepada hobi atau passion kamu, jika memang kamu dari awalnya suka menulis mau bagaimanapun sulitnya akan terasa mudah, sama juga jika hobi kamu adalah mengedit bagaimanapun sulitnya akan terasa lebih mudah.

Dari Segi Banyaknya Penonton atau Pembaca


Kalau pembaca atau penonton mungkin sudah sangat jelas bahwa kebanyakan penduduk Indonesia lebih suka menonton ketimbang membaca, jadi tidak jarang banyak blogger yang hijrah ke youtube karena sepi pembaca.

Bukan berarti blogger di Indonesia semuanya sepi pembaca, masih banyak kok orang yang gemar membaca di Indonesia apalagi mereka yang kuotanya sedikit pasti lebih memilih membaca di blog ketimbang menonton video youtube.

Cara kerjanya juga sama saja baik di youtube atau blogger, yaitu semakin banyak artikel atau video yang kamu miliki maka semakin besar peluang yang kamu miliki untuk mendapatkan banyak penonton atau pembaca.

Dari Segi Lamanya Pembuatan Konten


Ini sih juga lumayan relatif, tetapi bisa saya katakan lebih sulit menulis sebuah artikel ketimbang membuat sebuah video, kamu mungkin akan menghabiskan waktu berjam - jam membuat video dari awal > editing > selesai.

Tetapi butuh seharian terkadang berhari - hari untuk membuat sebuah artikel yang bagus, karena kamu perlu riset, setelah itu menulis hasil riset dengan kalimat yang mudah dipahami serta ber-seo.

Dari Segi Perangkat Yang Digunakan


Jika kamu ingin menggunakan youtube sebagai bisnis online kamu, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain kuota harus lumayan banyak, karena kamu butuh untuk mengirim video ke youtube.


Spesifikasi komputer juga harus lumayan, karena editing membutuhkan spesifikasi komputer yang mumpuni, kamu akan sulit mengedit menggunakan laptop seharga 2 juta kebawah.

Berbeda halnya dengan blogger, kamu tidak perlu risau dengan komputer ataupun kuota, karena kuota tidak akan banyak terkuras ketika menulis konten, dan dengan laptop murahan seharga 1 juta kebawah (Second) juga bisa kok digunakan untuk menulis artikel.

Dari Segi Interaksi Dengan Pengunjung


Pada youtube lebih mudah untuk berinteraksi antara pengunjung ke pemilik video atau pengunjung kesesama pengunjung, karena kalau mau berkomentar di youtube terlebih diaplikasi youtube kamu tidak perlu login email atau segala macam, cukup tulis komentar dan kirim.

Tetapi interaksi dengan pengunjung pada blog itu sedikit lebih sulit, itu juga salah satu alasan kenapa jarang banget blog atau artikel yang memiliki banyak komentar dari pembacanya.

Itulah dia opini saya tentang lebih bagusan Youtube atau Blogger, pada intinya kedua platform ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing - masing, tinggal terserah kamu saja untuk memilih yang mana menurut kamu lebih mudah dilakukan.

Jika kamu memilih youtube kamu akan berjumpa dengan editing, rendering, mengisi suara dan lainnya, kamu juga harus memikirkan kuota, spesifikasi komputer atau handphone kamu.

Jika kamu memilih blogger kamu akan berjumpa dengan, menulis, membaca ulang tulisan, belajar seo dan lainnya, tetapi kamu tidak perlu memikirkan tentang kuota, spesifikasi komputer atau semacamnya.

Jadi pilihlah sesuai passion kamu, jangan ikut - ikutan orang, cuma karena dia ngeblog kamu jadi ikut - ikutan, padahal sebenarnya hobi kamu adalah dibagian editing serta mengisi suara, pastinya ngeblog tersebut akan terhenti pada akhirnya.

0 Response to "Lebih Besar atau Bagusan Penghasilan Youtube atau Blogger ?"

Posting Komentar

Jika ingin berkomentar, silahkan untuk berkomentar dengan menggunakan bahasa yang SOPAN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel